Perbedaan Project Management dan Change Management

Organisasi saat ini harus siap mengarungi gelombang perubahan dengan gesit, lincah dan inovatif. Organisasi ditantang melakukan inisiatif perubahan dengan efektif tanpa banyak kehilangan waktu. Pemimpin harus mahir mengajak individu mengadopsi pendekatan dan cara-cara kerja baru tanpa berlama-lama untuk berkutat dengan penolakan atau kegalauan.

Kapabilitas change management organisasi yang berbeda beda akan menentukan kecepatan dan keberhasilan dalam mengeksekusi insiatif perubahannya. Robert S Kaplan, ahli strategi, mengatakan "managing strategy is managing change."

Ada organisasi yang masih belum bisa membedakan antara project management dengan change management. Ide penggunaan change management hanya muncul saat inisiatif perubahannya macet. Pada saat yang sama ada juga organisasi yang sudah paham bahkan memiliki change management team tersendiri yang kerja bersamaan dengan project management team dengan pendekatan yang terstruktur. Tingkat tertinggi adalah organisasi yang sudah menjadikan change management sebagai sasaran strategis. Para pimpinan diukur dengan keberhasilannya dalam melakukan suatu perubahan.

Eddi Sutanto
Managing Partner at Asture Solutions