Peran Coaching dalam Pengelolaan Perubahan

Dalam melakukan perubahan kegiatan komunikasi disusun secara terencana mulai dari waktu, isi, media, target kelompok pendengar hingga pihak yang akan menyampaikan.

Rancangan ini ditujukan pada sekelompok tertentu sesuai dengan hasil analisa dampak dan resikonya terhadap keberhasilan program perubahan yang dicanangkan.

Dalam memimpin perubahan ada juga kegiatan komunikasi lain dimana pemimpin melakukan komunikasi langsung secara pribadi dengan orang orang tertentu. Biasanya komunikasi perorangan dilakukan dengan pihak pihak yang belum memahami atau mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan perubahan yang dilakukan.

Komunikasi perorangan ini disebut coaching untuk perubahan. Dalam memimpin perubahan seorang pemimpin perlu mengalokasikan waktu utk melakukan coaching. Manfaat coaching dapat dirasakan langsung dan riset juga menunjukkan bahwa coaching mempercepat anggota tim mengadopsi perilaku dan keterampilan baru yang ingin dicapai perubahan.

Anggota tim akan dibantu menyelusuri nilai nilai dan pemikiran dirinya terkait dengan perubahan sehingga memunculkan kesadaran diri baru untuk memperkuatkan perubahan.

Eddi Sutanto
Managing Partner at Asture Solutions