Pendekatan Pribadi dalam Mengelola Perubahan

Dalam mengelola suatu perubahan, coaching adalah sangat unik karena percakapan coaching terkait langsung dengan keadaan dan kondisi masing-masing individu dalam menghadapi perubahan tersebut.

Percakapan itu bisa terkait dengan pemahaman, keraguan, kecemasan atau bahkan penguatan komitmen individu tersebut terhadap suatu perubahan. Organisasi tidak bisa berubah. Para individu yang berubah. Perubahan individu terjadi melalui sebuah percakapan.

Pimpinan atau agen perubahan dapat menggunakan kegiatan coaching sebagai strategi untuk mendapatkan dukungan dari pimpinan informal atau pihak yang berpengaruh besar terhadap keberhasilan perubahan.

Pak Ronny, CEO PT Bandung Indah Gemilang; produsen sprei dan sarung bantal MYLOVE, sangat mengandalkan coaching untuk mempercepat eksekusi program program kerja yang dicanangkannya. "Biasanya saya meluangkan waktu untuk bercakap cakap dengan manajer yang saya anggap penting namun saya lihat belum "tune in" dengan program-program yang saya canangkan" Coaching juga akan membantu individu lebih cepat beradaptasi terhadap perubahan.

Dalam lingkungan yang perubahannya serba cepat sekarang ini, keterampilan coaching menjadi semakin penting bagi pimpinan.

Eddi Sutanto
Managing Partner at Asture Solutions