Mengajak Orang Berubah dengan Choice Architect (CA)

Choice Architect (CA) adalah ilmu tentang penataan dan penyajian suatu pilihan produk atau tindakan yang dapat mempengaruhi orang dalam pengambilan keputusan. Eksperimen dalam dunia retail modern yang menunjukkan bahwa suatu produk diletakkan di rak yang sejajar pandangan mata dan mudah dijangkau akan mengalami peningkatan penjualan lebih tingkat dibandingkan jika ia diletakkan di tempat yang berbeda.

CA juga digunakan untuk melakukan modifikasi perilaku. Rancangan tangga (piano stairs) ditunjukkan dalam video di samping berhasil mengubah orang untuk memilih menggunakan tangga daripada tangga berjalan.

CA pernah juga digunakan dalam mengubah sistem kerja karyawan pabrik dari bekerja dengan posisi duduk menjadi posisi berdiri. Posisi penempatan karyawan secara visual dibuat berbeda-beda didasarkan tingkat kesiapannya dalam sistem kerja berdiri.  Penataan ini  membuat menyajikan pilihan pada karyawan dimana ingin berada. Sistem membuat karyawan berlomba-lomba meningkatkan keterampilannya dengan agar bisa cepat naik ke tingkat selanjutnya. Tentu saja perusahaan harus menyediakan dukungan dan sistem insentif yang memadai.  CA bisa menjadi alat untuk mengajak orang berubah.

Eddi Sutanto
Managing Partner at Asture Solutions