Memulai Perubahan dengan Mental Rehearsal

Jaman Now menuntut kita cepat dalam beradaptasi terhadap perubahan. Mulai lah dengan "begin with the end in mind" seperti yang dianjurkan oleh Stephen Covey dalam buku klasiknya Seven Habits Begin with the end in mind adalah semacam mental rehearsal (MR) juga. Bayangkan situasi baru mungkin terjadi serinci mungkin. Rasakan dan hayati dan lebih bagus jika dapat divisualisasikan. Kemudian bayangkan juga tindakan anda dalam situasi tersebut. 

Penelitian ilmu neurosains menunjukkan bahwa latihan MR ini memang secara fisik mengubah jaringan struktur neuron dalam otak. Latihan ini  membuat jalur jalur baru dalam otak kita yang sangat membantu kita saat menghadapi situasi secara nyata. 

Bagaimana melakukan MR dengan efektif? Kegiatan MR melibatkan kegiatan kognitif, konasi dan afeksi. Anda harus berkhayal seakan akan sedang melakukannya secara langsung sehingga merasakan pengalamannya. Perasaan akan "tertipu" karena perasaan tidak bisa membedakan antara kenyataan dan khayalan.  

Lakukan ini berulang-ulang, efeknya akan luar biasa. Fleksibilitas respon anda terhadap situasi yang berubah akan terjadi  dengan cepat dan tepat. Bagaimana Linsey Vonn melakukan MR? Lihat video berikut ini.

Eddi Sutanto
Managing Partner at Asture Solutions