Manfaat Perencanaan bagi Manajer

Manajer di jaman "old " di didik untuk bisa meramal masa depan, membuat rencana seakurat mungkin dan melaksanakan rencana dengan membuat berbagai fungsi dalam organisasi.

Di jaman "now" sulit membuat rencana yang akurat karena situasi cepat berubah tapi manajer tetap dituntut memberikan respon yang cepat. Kecepatan respon terhadap perubahan menjadi kunci sukses. Bukan deviasi antara rencana dan aktual. Lalu apakah perencanaan tidak dibutuhkan lagi?

"Plan is nothing, but planning is everything" kata DD Eisenhower; Presiden Amerika dan juga ahli perang. Kegiatan perencanaan sangat penting dan harus dilakukan seperti para juara di bidang olahraga melakukan mental rehearsal (MR), gladi resik imaginer.

Mental Rehearsal (MR) ini dilakukan sebelum turun bertanding di lapangan. Mereka membayangkan berbagai pola permainan lawan dan respon terbaik yang akan dilakukannya. MR ini membuat semacam program yang masuk ke alam bawah sadar.

Saat bertanding di lapangan program-program ini bekerja secara otomatis sehingga dia cepat dan lancar memberikan respon terbaik karena pola permainan lawan yang muncul di lapangan sudah dia "alami" sebelumnya. "I've been there" Bayangkan skenario pertempuran anda. Silakan mencoba.

Eddi Sutanto
Managing Partner at Asture Solutions